Tips dan Trik Paling Jitu Lolos Beasiswa LPDP

Tips dan Trik Paling Jitu Lolos Beasiswa LPDP
PesanBeasiswa | Halo Pencari Beasiswa, PesanInspiratif akan membagikan tips dan trik lolos beasiswa LPDP!

Bagi Anda yang di sekolah dan yang masih kuliah, tidak perlu khawatir, karena dengan membaca artikel ini, akan menambah wawasan guna mempersiapkan lebih matang untuk mendapatkan beasiswa LPDP.

Sebenarnya untuk beasiswa S2 dan S3 banyak, hanya pada kesempatan ini baru satu beasiswa saja . Nah, beasiswa itu adalah beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan).

Kabarnya semua beasiswa yang ada di Indonesia untuk jenjang S2 dan S3 akan terpusat hanya pada LPDP, buktinya sekarang sudah dibuka beasiswa Santri oleh LPDP. Menarik bukan?

Perlu diketahui, seleksi penerimaan beasiswa yang ketat pasti membuat para pejuang merasa tidak aman sebelum bertempur. Seperti jumlah saingan, kompleksitas persyaratan, sehingga membuat orang menjadi minder dan malas.

Hal itu sudah menjadi alasan yang sering membuat siswa frustrasi untuk mencapai impian mereka menerima beasiswa. Salah satu beasiswa bergengsi yang banyak diperdebatkan oleh mahasiswa, terutama lulusan sarjana, tak lain adalah beasiswa LPDP.

Beasiswa LPDP terdiri dari dua jenis, yaitu beasiswa master (S2) dan doktor (S3) di universitas dalam dan universitas luar yang telah menjalin kerjasama dengan Indonesia (LPDP).

Berikut Program Beasiswa yang dibuka LPDP (sumber: website LPDP):
  1. Beasiswa Reguler; 
  2. Beasiswa Disertasi; 
  3. Beasiswa Dokter Spesialis; 
  4. Beasiswa Afirmasi: 
      • Beasiswa Daerah Tertinggal 
      • Beasiswa Alumni Bidikmisi Berprestasi 
      • Beasiswa Individu Berprestasi dari Keluarga Miskin/Prasejahtera 
      • Beasiswa Prestasi Olahraga, Seni, Kebudayaan, dan Keagamaan 
      • Beasiswa Penyandang Disabilitas 
      • Beasiswa PNS/TNI/POLRI 
      • Beasiswa Santri 
      • Beasiswa Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan / Talent Scouting 
  5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)*; dan 
  6. Program Co-Funding
Sebagai beasiswa yang diberikan oleh pemerintah, sudah pasti bahwa memperoleh beasiswa ini membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

⧉ Kontribusi Untuk Indonesia (Aku Pasti Mengabdi)

Menurut pengalaman banyak awardee LPDP, seleksi awal yang harus jalani adalah tes administratif. Seleksi mencakup persyaratan untuk IPK lebih tinggi dari 3,00; IELTS di atas 6,5; beberapa dokumen seperti ijazah, surat kelulusan, pernyataan izin kerja dari atasan bagi mereka yang telah bekerja; dan persiapkan uji coba.

Bicara tentang esai, anda harus fokus pada upaya untuk mengembangkan negara ini sesuai dengan bidang yang anda miliki atau harus linear dengan jurusan yang akan diambil. Karena esai yang anda buat akan dijadikan bahan para reviewer LPDP saat anda masuk tahap wawancara.

Jadi harus paham betul esai yang anda tulis.

Kuncinya adalah fokus pada apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan Indonesia!

⧉ Paham Betul atas apa yang telah Anda tulis

Setelah melewati seleksi administrasi, langkah selanjutnya yang harus diambil adalah tes wawancara dan diskusi kelompok tanpa pemimpin (LGD).

Pada tahap ini, Anda akan ditanya lebih banyak tentang apa yang Anda tulis sebelumnya dalam esai. Materi penulisan dengan subjek pembicara dalam wawancara harus linear/ sinkron, jika tidak, tim evaluasi dapat menilai uji coba Anda sebagai tidak murni/gagal.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu bahwa hal-hal kecil seperti sikap terhadap dewan juri, sampai tatakrama berbicara, akan menjadi titik penting evaluasi. Jika Anda pergi ke universitas di luar negeri seperti yang lain, akan menyarankan agar Anda melakukan fase wawancara dalam bahasa Inggris sehingga persiapan Anda dianggap matang.

⧉ Jadilah solusi dan orang yang beretika

Seperti namanya, LGD memberi setiap orang kesempatan untuk memilih tanpa mendominasi. Dalam seleksi beasiswa LPDP, LGD dilakukan oleh tim yang terdiri dari 10 orang.

Banyak peserta yang tidak memenuhi syarat pada tahap ini karena di antara anggota mereka bersikeras satu sama lain tanpa kesimpulan. LPDP tidak hanya mencari orang dengan kecerdasan tinggi, tetapi juga mereka yang memiliki etika untuk berbicara, bersosialisasi dan mengekspresikan ide-ide mereka.

Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika melakukan LGD adalah cara Anda mengungkapkan pendapat. Peserta yang bersedia membuka sebuah topik pada umumnya akan mendapat nilai lebih. Tentu saja, jika pendapat Anda juga berat dan solutif, bukan hanya asal bicara. Tetapi tidak untuk mendominasi dan menilai pendapat lawan.

Selama sesi LGD berlangsung, yang paling penting adalah anggota harus saling menguatkan pendapat, bisa ditambah, bisa ditinjau, tetapi tidak bisa dibicarakan secara terbuka.

⧉ Kuasai Topik, tingkatkan wawasan Anda

Sebelum menjalani wawancara, disarankan untuk membaca banyak buku. Buku-buku utama tentang masalah kepemimpinan, administrasi dan masalah umum di Indonesia, seperti bahan bakar dan makanan, dapat menjadi bacaan alternatif yang dapat Anda habiskan sebelum menjalani proses wawancara dan LGD.

Umumnya, di LGD, ada topik besar yang dibahas dan diselesaikan. Membaca berita dari media dan memahami masalah yang tertunda juga akan memperbarui topik pembicaraan Anda ketika Anda mengikuti proses seleksi.

Baca Juga: 
Topik Essai On-the-Spot Writing SBK LPDP
5 Cara Mudah Mendapatkan Beasiswa

⧉ Menjaga Komitmen

Untuk menjadi penerima Beasiswa LPDP, disarankan agar pelamar menjawab pertanyaan wawancara dengan percaya diri. Jika Anda menerima pertanyaan tentang kemampuan untuk mendapatkan pendidikan di luar negeri, Anda harus merespons dengan keyakinan yang Anda bisa. Jika Anda hanya meragukan diri sendiri, bagaimana orang lain ingin yakin tentang Anda?

Untuk info pendaftaran dan persyaratannya, silahkan cek di website LPDP.

Semoga bermanfaat dan sukses selalu.

0 Response to "Tips dan Trik Paling Jitu Lolos Beasiswa LPDP"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel