5 Jenis Beasiswa LPDP yang Wajib Diketahui

5 Jenis Beasiswa LPDP yang Wajib Diketahui
PesanBeasiswa | Ada begitu banyak program beasiswa untuk siswa Indonesia yang melanjutkan studi sarjana, pascasarjana dan doktoral yang diajarkan oleh lembaga pemerintah.

Pada artikel sebelumnya, saya sudah membagikan artikel tentang tips lolos beasiswa LPDP, sekarang akan dibahas lebih detail jenis beasiswa LPDP itu sendiri.

Beasiswa LPDP

LPDP atau Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan adalah lembaga yang menawarkan program beasiswa untuk anak muda terbaik di Indonesia berdasarkan pertimbangan regional, strata sosial dan jender.

Penerima beasiswa LPDP adalah semua anak muda yang merupakan warga negara Indonesia yang memiliki prestasi akademik di tingkat pendidikan sebelumnya, memiliki keterampilan kepemimpinan dan berkomitmen untuk berkontribusi di Indonesia.

Ada 5 jenis beasiswa LPDP:

1. Beasiswa Master / Doktor (Nasional dan Asing)

Beasiswa ini adalah program beasiswa untuk studi S2 dan S3 di dalam negeri dan luar negeri yang ditujukan untuk siswa yang warga negara Indonesia yang memiliki keterampilan akademik dan keterampilan kepemimpinan.

Beasiswa master / doktor ini adalah program beasiswa penuh yang didanai oleh pemerintah Indonesia melalui LPDP. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, visa, asuransi kesehatan, tarif buku, biaya tesis / disertasi, subsidi kedatangan, tunjangan keluarga, dll. Pendaftaran beasiswa master / doktor tersedia dalam 4 periode pemilihan dalam satu tahun.

2. Beasiswa skripsi / disertasi (nasional dan asing)

Program beasiswa tesis / disertasi LPDP ditujukan untuk mahasiswa atau mahasiswa Indonesia yang belajar S2 atau S3 dan memiliki keterbatasan biaya untuk menyelesaikan tesis / disertasi. Beasiswa ini secara khusus ditujukan bagi Anda yang telah menyelesaikan kursus dan yang telah disetujui oleh pemimpin program pascasarjana untuk ujian / seminar proposal.

Program tesis / disertasi dapat digunakan oleh siswa yang belajar di rumah atau di luar negeri dengan kondisi bahwa perguruan tinggi negeri terakreditasi setidaknya C atau merupakan kategori yang baik untuk universitas di luar negeri. Jumlah dana ditentukan oleh biaya anggaran yang diusulkan.

Pendaftaran untuk hibah tesis dan beasiswa tesis LPDP dapat disajikan sepanjang tahun dengan periode pendaftaran dua kali setahun. Beasiswa untuk menyelesaikan tesis dibiayai dengan maksimum 12 bulan, sedangkan penyelesaian tesis adalah maksimal 24 bulan. Pendaftaran beasiswa tesis / disertasi tersedia dalam 2 periode seleksi dalam satu tahun.

3. Bantuan pendidikan spesialis Indonesia (nasional)

Spesialis dalam beasiswa pendidikan LPDP di Indonesia Dokter spesialis ditujukan untuk lulusan medis dan mereka bekerja sebagai dokter untuk memberi mereka kesempatan untuk melanjutkan studi mereka di tingkat spesialis.

Beasiswa ini adalah beasiswa penuh yang mencakup kebutuhan belajar dan biaya hidup. Pendaftaran beasiswa pendidikan di Indonesia Dokter spesialis terbuka sepanjang tahun dengan periode pendaftaran empat kali setahun. Pelamar dapat melanjutkan pendidikan dokter spesialis di universitas tujuan LPDP.

Pendaftaran beasiswa pendidikan untuk spesialis Indonesia tersedia dalam 4 periode seleksi dalam satu tahun.

4. Beasiswa Presiden Republik Indonesia (RI)

Beasiswa Presiden Republik Indonesia adalah program beasiswa bergengsi yang disediakan oleh LPDP bekerja sama dengan kepresidenan Indonesia. Beasiswa ini adalah siswa Indonesia yang lulus dari salah satu dari 50 universitas terbaik Indonesia yang didirikan oleh LPDP.

Manfaat yang diberikan adalah sama dengan program beasiswa doktor / master LPDP dan beasiswa afirmasi LPDP, tetapi dengan pelatihan / manfaat tambahan dari kursus singkat dan pendanaan penelitian intensif.

Untuk pendaftaran program beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI), hanya dibuka setahun sekali.

Baca juga:
Tips Lolos Beasiswa LPDP
10 Topik Esai Writing SBK LPDP

5. Afirmasi beasiswa

Beasiswa afirmasi adalah untuk warga negara Indonesia yang tinggal di daerah tertentu, misalnya, mereka yang berada di daerah perbatasan atau kurang beruntung yang memiliki tingkat perkembangan ekonomi dan sumber daya manusia di bawah rata-rata.

Kelompok lain yang dapat mengajukan permohonan untuk Beasiswa Afirmasi adalah alumni yang menerima Beasiswa Bidik Misi ketika S1 dan komunitas luar biasa dari keluarga miskin dengan IPK minimal 3,50. Selain itu, Beasiswa Afirmasi juga ditujukan untuk orang Indonesia yang terakreditasi dan diberi nama setelah Bangsa Indonesia di bidang olahraga dan seni baik nasional maupun internasional.

Pendaftaran Beasiswa Afirmasi tersedia dalam 2 periode seleksi dalam satu tahun.

Selengkapnya di website LPDP.

0 Response to "5 Jenis Beasiswa LPDP yang Wajib Diketahui"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel