Gaya Kepemimpinan; Situational Leadership Style | PK LPDP

Gaya Kepemimpinan | Situational Leadership Style

Pesan Inspiratif | Saya akan membagikan materi tentang Kepemimpinan. Materi ini disampaikan oleh Bapak Toharso saat menjadi narasumber Persiapan Keberangkatan Beasiswa LPDP pada Januari 2016.

Toharso merupakan Direktur Utama PT. Pertamina Retail sejak Juli 2013 hingga 2016.

Ia lulusan Institut Teknologi Malang (ITN) tahun 1989, setelah itu ia mendapatkan gelar master dari PPM Jakarta tahun 2015.

Ia memulai karir di Pertamina sejak tahun 1992, jabatan awal sebagai Sales Engineer hingga tahun 2013 ia menjabat sebagai Direktur Utama PT. Pertama Retail.

Menurut Toharso, ada perbedaan mendasar antara Leader dengan Manager.

Seorang Leader dipilih oleh pengikut. Ia mengandalkan kewibawaan dan power. Leader bertindak sebagai role model dan bertanggungjawab atas segala keputusan.

Sedangkan Manager, diangkat langsung oleh pemimpin. Ia mengandalkan performa kerja dihadapan leader. Manajer hanya mengikuti aturan dan arahan yang dibuat oleh leader dan diterapkan kepada bawahannya.
Gaya Kepemimpinan | Situational Leadership Style
image: pixabay.com


Leader harus memiliki banyak follower, dimana leader hanya berkontribusi sebanyak 20% untuk keberhasilan dalam pengambilan keputusan. Angka 80% keberhasilan merupakan peran dari bawahan. Karena Leadership itu, berada dalam irisan dari leader, follower, dan psikolog (situation).

Toharso juga menyampaikan, bahwa gaya kepemimpinan yang ideal adalah gaya situational, dimana gaya pemimpin menyesuaikan dengan kondisi yang dialami dan kebutuhan organisasi tersebut (situational leadership style).

Gaya kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu organisasi. Namun akan lebih baik jika suatu organisasi tidak hanya menerapkan satu gaya kepemimpinan saja.

Pada kondisi tertentu, gaya kepemimpinan harus diubah agar target-target organisasi dapat tercapai. Sehingga pada saat kondisi krusial, seorang pemimpin mampu melakukan Planning, Organizing, Actuating, dan Cotrolling. Empat kemampuan itu merupakan unsur esensi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

Berikut 3 karakteristik pemimpin menurut Toharso:
➧ Seorang yang mau belajar seumur hidup
➧ Berorientasi pada pelayanan
➧ Membawa energi yang positif

Baca Juga: Leader and Leadership

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gaya Kepemimpinan; Situational Leadership Style | PK LPDP"

Post a Comment